Pembentukan PIC Remaja Desa Mlaten

Remaja adalah suatu periode transisi dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Seseorang dikatakan remaja apabila telah mengalami perubahan fisik dan mental. Perubahan yang paling jelas dapat dilihat dari perubahan fisik dan perubahan mental atau psikisnya.

Namun, dengan adanya era globalisasi ini, yang paling membahayakan adalah perubahan emosi dari para remaja. Karena apabila seorang remaja tidak mampu mengendalikan emosi mereka, maka dengan mudah mereka akan terpengaruh dengan dunia luar yang sangat membahayakan masa depan mereka.

Akhir-akhir ini sering terdengar banyak pelecehan seksual, penggunaan narkoba dan hubungan seks yang di lakukan oleh remaja. Yang paling parah dari perbuatan mereka menghasilkan benih dan di aborsi. Oleh sebab itu, sebelum semua itu terjadi alangkah baiknya kita mencegahnya. Misalnya seperti membentuk sebuah organisasi remaja.

Di Desa Mlaten ini pada tanggal 11 Mei 2014 juga telah di bentuk sebuah organisasi yang berangotakan remaja. Biasanya di sebut dengan PIK-KRR (Pusat Informasi Dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja). PIK-KRR sendiri mempunyai pengertian suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan Pelayanan Informasi Dan Konseling Kesehatan Reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. Namun untuk memberikan perbedaan maka kami kelompok PIK-KRR sepakat memberi nama “R.M.C”.

Sebenarnya tujuan dari pembentukan oraganisasi ini adalah untuk:
  1. Memberikan informasi mengenai kesehatan reproduksi remaja,
  2. Pelayanan konseling dan rujukan krr untuk mewujudkan generasi remaja keluarga bahagia,
  3. Memberikan ketrampilan kecakapan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. KIM MELATI DESA MLATEN - All Rights Reserved
Kelompok Informasi Masyarakat