Pemanfaatan Pekarangan Balai Desa


Lahan pekarangan  merupakan areal yang potensial untuk pengembangan tanaman ,baik sayuran, buah-buahan, maupun tanaman obat keluarga (TOGA). Selain menjadi sumber pemenuhan gizi keluarga, pemanfaatan pekarangan juga dapat menjadi alternatif pengembangan kegiatan ekonomi produktif dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. 

Kenyataan yang ada menunjukkan bahwa luasan lahan pekarangan di Desa Mlaten mengisyaratkan masih terbukanya peluang dalam optimalisasi potensi lahan pekarangan dengan penanaman berbagai jenis tanaman hortikultura sebagai penunjang kebutuhan nutrisi dan kesehatan masyarakat. 

Selain berperan sebagai penunjang kebutuhan nutrisi dan kesehatan masyarakat, jenis tanaman seperti sayuran dan TOGA tidak membutuhkan areal yang luas dalam penanamannya serta perawatannya cukup mudah, sehingga sangat sesuai untuk dikembangkan di lahan pekarangan. 

Upaya ini akan berlangsung efektif jika dilaksanakan secara intensif dan berkelanjutan. Oleh karenanya perlu melibatkan peran serta aktif masyarakat, khususnya kaum wanita sebagai elemen penting pelaku pembangunan. Didasari oleh hal tersebut Tim Penggerak PKK  memanfaatkan lahan pekarangan di dekat balai desa.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. KIM MELATI DESA MLATEN - All Rights Reserved
Kelompok Informasi Masyarakat