Sentra Produksi Tahu di Desa Mlaten


Mlaten - Ternyata tidak sulit membuat tahu, sumber protein nabati murah meriah yang sehat dan nikmat. Raji, pengrajin  tahu di Mlaten, menuturkan cara membuat tahu yang sehat dan bebas formalin. "Gampang-gampang capek sih, soalnya harus bersih dan telaten," kata Raji Pertama-tama, kedelai harus direndam dalam air dingin bersih selama 1,5 jam supaya mengembang dan memudahkan kulit kedelai lepas. "Jangan lupa dicuci lagi sebelum  memasuki proses giling yang diikuti perebusan santan kedelai," ujar  Raji.
    Perebusan santan kedelai itu cukup 10 sampai 15 menit dengan suhu 300 derajat celcius.  Sesudah itu, santan kedelai yang sudah matang disaring lalu dicampur dengan air rebusan kedelai yang terfermentasi. "Diamkan saja 10 sampai 15 menit, lalu cetak dan potong-potong, tahunya siap untuk di masak apa saja," kata Raji
    Dia juga berpesan tahu yang sudah jadi namun belum akan dijadikan  masakan, masih harus direndam dalam air panas supaya awet.  Para anggota KIM  mendapat kesempatan meninjau tempat usaha Raji  pada Selasa siang. Raji adalah salah satu pengrajin tahu di Mlaten.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. KIM MELATI DESA MLATEN - All Rights Reserved
Kelompok Informasi Masyarakat